Jawaban Tepat dari Pertanyaan “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?”
Back

Jawaban Tepat dari Pertanyaan “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?”

Proses wawancara merupakan tahapan penting dalam proses rekrutmen. Dalam proses ini, perusahaan memutuskan seorang kandidat diterima atau ditolak untuk bergabung. Tak heran, banyak kandidat mempersiapkan diri mereka sebaik mungkin dalam menghadapi proses ini.

Saat ini, banyak praktisi HR perusahaan mengajukan pertanyaan unik dan terkadang membuat kandidat kesulitan menjawab. Lazo Block, Head of People Operations Google, bahkan punya pertanyaan unik untuk para kandidatnya. Ia pernah bertanya, “Ada berapa banyak sapi di Kanada?”

Jika dihadapkan pertanyaan itu, Anda tentu akan berpikir soal data dan riset populasi sapi. Namun, ternyata Block lebih membutuhkan jawaban kreatif. Jawaban yang dia harapkan, “Cukup untuk memastikan seluruh penduduk Kanada mendapatkan keju dan susu.”

Pada dasarnya, hampir dalam setiap wawancara kerja, kandidat dihadapkan oleh pertanyaan “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?”. Dan untuk pertanyaan itu, The Muse menuliskan tiga jawaban yang paling tepat.

The Intersection

Menurut The Muse, tidak ada salahnya memotong ucapan pewawancara. Dari situ, Anda bisa melihat apa yang terjadi. Biasanya, ada dua kemungkinan, yakni pewawancara kembali memotong ucapan Anda atau ia mendengarkan Anda berbicara.

Jika ia membiarkan Anda berbicara, artinya ia menganggap Anda seorang pekerja yang antusias dan seorang yang tepat untuk perusahaan.

Sebenarnya, kunci utama wawancara yang berhasil adalah Anda mengemukakan diri Anda, dan bukan hanya menjadi pendengar pasif. Apabila Anda berhasil mengungkapkan gagasan, maka itulah nilai tambah Anda.

The Company Expert

Jika Anda telah menjelaskan tentang diri dan pengalaman Anda secara lengkap, namun masih mendapat pertanyaan “Mengapa kami harus menerima Anda?”, jangan khawatir. Itu saat yang tepat bagi Anda menunjukkan betapa Anda memahami perusahaan pembuka lowongan.

Proses ini memang sedikit sulit, sebab artinya Anda harus melakukan riset kecil. Tetapi, tentu saja hasilnya ] sepadan. Anda bisa mengungkapkan tentang keunikan perusahaan, sejarah, visi dan misi, serta strategi Anda dalam mencapai tujuan.

Tunjukkan bahwa Anda tertarik pada posisi yang tersedia serta layak untuk diterima. Beri sinyal bahwa Anda akan mudah dilatih, beradaptasi, dan lebih unggul dari kandidat lainnya.

The Problem Solver

Pertanyaan “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?” biasanya terucap sebab perusahaan memiliki masalah yang harus diselesaikan. Maka, jangan menjawab bertele-tele. Tunjukkan kepada mereka bagaimana strategi Anda dalam menyelesaikan masalah. Namun, jangan terlalu sering membahas kasus perusahaan Anda sebelumnya. Fokuslah pada tujuan penyelesaian masalah, sehingga pewawancara akan menyimpulkan Anda visioner dan siap berperang di lapangan.

Comments (0)
Berikan Komentar Anda