Kapan Waktu yang Tepat Melanggar Aturan Kantor
Back

Kapan Waktu yang Tepat Melanggar Aturan Kantor

Pada dasarnya, aturan perusahaan diciptakan sejalan dengan budaya yang ingin dibangun perusahaan untuk mencapai tujuannya. Tentu saja, karyawan yang ingin bertahan lama bekerja mesti mematuhi aturan yang ada. Namun, apa yang terjadi jika melanggar aturan dapat meningkatkan produktivitas karyawan?

PortalHR, mengutip The Muse, memaparkan 4 waktu yang tepat bagi karyawan melanggar aturan perusahaan.

Ketika Tidak Ada Panduan yang Ketat

Ketika atasan Anda menetapkan target tinggi tetapi tidak dibarengi dengan instruksi yang jelas, Anda mesti melontarkan protes. Tipe atasan seperti itu hanya peduli pada hasil akhir, namun tidak mempedulikan prosesnya. Yang perlu diingat, hal ini akan menurunkan motivasi Anda dan mengakibatkan Anda tidak lagi produktif.

Ketika Anda Diberikan Kebebasan dalam Menyelesaikan Masalah

Saat atasan Anda memberikan kesempatan Anda menyelesaikan sesuatu, maka itulah waktu yang tepat untuk “melanggar aturan”. Keputusan seperti itu adalah indikasi bahwa atasan Anda menginginkan inisiatif lebih Anda dan ide segar dalam penyelesaian masalah.

Ketika Ada Kesempatan yang Jelas-jelas Lebih Baik

Terkadang, perusahaan menetapkan aturan yang tidak fleksibel dan bisa menghambat laju produktivitas karyawan. Saat Anda yang dihadapkan pada kondisi itu, maka melanggar aturan perusahaan adalah keputusan terbaik. Namun, Anda harus memberikan hasil yang optimal agar perusahaan menyadari telah membuat aturan yang keliru.

Ketika Perusahaan Menetapkan Aturan Tidak Relevan

Perusahaan yang baik harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Misalnya, pada era digital ini, perusahaan mesti menggunakan pemasaran digital guna mendapatkan semakin banyak konsumen. Apabila Anda bekerja di perusahaan yang tidak mengakomodir ide-ide baik untuk maju, maka Anda wajib melanggar aturan. Hal itu akan menyadarkan perusahaan untuk menetapkan aturan baru yang bisa diaplikasikan pada zaman sekarang.

 

Comments (0)
Berikan Komentar Anda