Lakukan Ini agar Bisa Lebih Cepat Beradaptasi dengan Lingkungan Baru
Back

Lakukan Ini agar Bisa Lebih Cepat Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Tahun baru biasanya selalu diikuti dengan resolusi baru. Salah satunya, mungkin pencapaian baru. Hal itu, terkadang mendorong kita untuk mencari pekerjaan baru sebagai betuk peningkatan karier.

Terkadang, pekerjaan baru membawa dua hal sekaligus, yakni kesenangan dan tantangan. Lingkungan yang berbeda tentu menuntut kita untuk bisa beradaptasi secara cepat. Sebab bila tidak, performa kita tidak akan terlihat pada masa percobaan sebelum pengangkatan sebagai karyawan tetap.

Adaptasi merupakan kuncinya. Jika Anda, saat ini, tengah berada pada perusahaan baru, Anda bisa melakukan tips berikut untuk mempercepat proses adaptasi seperti ditulis IDTechinAsia berikut.

Membagi Pekerjaan

Pasti akan ada pekerjaan yang asing di tempat baru, dan terkadang itu membuat Anda kesulitan. Maka, untuk menyelesaikan persoalan itu Anda perlu membagi pekerjaan menjadi beberapa bagian. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui memulai pekerjaan dari bagian mana.

Setelah itu, Anda bisa memberi ukuran pekerjaan dari yang tersulit hingga termudah. Pisahkan juga bagian paling penting dan paling tidak penting. Setelah itu, mulai selesaikan dengan pendekatan yang paling mudah Anda lakukan.

Mencatat di Daftar Pekerjaan

Terkadang, dalam menyelesaikan suatu pekerjaan kita bisa menghabiskan banyak waktu. Hal itu membuat pekerjaan lain terlupakan sehingga semakin menumpuk. Padahal, sebenarnya pekerjaan tersebut tidak perlu dikerjaan dengan waktu yang lama.

Penyebab hal itu, salah satunya adalah lantaran Anda tidak membuat daftar pekerjaan. Dengan membuat daftar pekerjaan, Anda tahu berapa banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan dalam satu hari. Pastikan juga Anda menambahkan target waktu pengerjaan dalam setiap daftar.

Pelajari Sesuatu Secara Bertahap

Pekerjaan baru terkadang menuntut Anda memiliki keahlian baru. Sering kali, itu membuat Anda memaksakan diri untuk belajar secara cepat. Padahal, metode terbaik untuk mempelajari hal baru adalah lakukan secara bertahap.

Menurut Benedict Carey, penulis buku How We Learn: The Surprising Truth About When, Where, and Why It Happens, kamu bisa menyiram halaman sekali seminggu selama 90 menit, atau tiga kali seminggu selama 30 menit. Ternyata, cara kedua justru bisa membuat halamanmu lebih subur.

Fokus pada 20 Persen yang Terpenting

Tahukah Anda, 20 persen hal terpenting akan sangat mempengaruhi 80 pesen sisanya. Maka, penting bagi Anda menentukan 20 persen terpenting sehingga bisa diimplementasikan untuk menyelesaikan persoalan. Ibaratnya, untuk menguasai gitar Anda tidak hanya perlu mempelajari akor. Tetapi, dengan mempelajari akor, Anda sudah bisa memainkan banyak lagu.

Learning by Teaching

Metode learning by teaching dicetuskan oleh Jean-Pol Martin, seorang ilmuwan asal Perancis. Ia percaya, dengan mengajarkan kepada orang lain Anda akan dapat lebih mudah mempelajari ilmu baru. Sebagai tambahan, Anda juga akan mendapatkan rasa percaya diri Anda meningkat.

 

Comments (0)
Berikan Komentar Anda