Anda Bisa Melakukan 5 Hal Ini  agar Pulang Kantor Tepat Waktu
Back

Anda Bisa Melakukan 5 Hal Ini agar Pulang Kantor Tepat Waktu

Setiap orang tentu saja mendambakan work-life balance. Sebuah survei yang dilakukan Deloitte, bahkan menyebutkan, generasi milenial menempatkan work-life balance sebagai pertimbangan utama dalam memilih pekerjaan.

Pada praktiknya, jam kerja tujuh hingga delapan jam sering kali tidak pernah cukup. Mereka, para pekerja, mesti lembur sehingga mengurangi kualitas kehidupan keluarga serta sosialnya.

Sebenarnya, inti dari pulang kantor tepat waktu adalah manajemen waktu yang baik. Maka, Anda bisa melakukan 5 hal ini agar pulang kantor tepat waktu.

Membuat ‘To Do List’

Upaya sederhana ini terbukti membuat seseorang dapat mengatur waktunya dengan baik. Tetapi, Marisa Peer, penulis Ultimate Confidence, mengatakan, membuat ‘to do list’, mesti dilakukan dengan strategi jitu.

Menurut Peer, kebanyakan orang membuat ‘to do list’ yang terlalu banyak sehingga justru membuang lebih banyak waktu. Padahal, inti dari kegiatan tersebut adalah menentukan skala prioritas pekerjaan. Ia menyarankan, daftar ‘to do list’ sebaiknya di buat maksimal delapan poin.

Membuat ‘to do list’ akan lebih efektif dilakukan di kertas yang besar sehingga terbaca. Selain itu, jangan lupa memberikan tanda untuk setiap pekerjaan yang berhasil Anda selesaikan.

Coba Aturan 2 Menit

Steve Olenski, seorang entrepreneur terkemuka mengungkapkan, ‘aturan 2 menit’ adalah salah satu rahasia kesuksesannya. Jadi, jika Anda memiliki pekerjaan yang bisa dilakukan selama 2 menit kurang, maka lakukanlah secepatnya. Kebanyakan mereka terkadang menyepelekan pekerjaan ringan tersebut, sehingga mengakibatkan pekerjaan menumpuk dan akhirnya menunda jam pulang.

Baca Juga: Anda Bisa Melakukan 5 Hal Ini agar Pulang Kantor Tepat Waktu

Jangan Lakukan Beberapa Pekerjaan Sekaligus

Saat ini, pekerja semakin dituntut multitasking. Pada awalnya, melakukan banyak hal secara bersamaan memang dianggap sangat efektif dan efisien. Namun, apabila hal itu dilakukan secara terus-menerus, justru akan berdampak negatif.

Para peneliti dari University of Copenhagen, Denmark, membuat penelitian perihal bahaya multitasking. Hasilnya, mereka yang melakukan beberapa hal secara bersamaan justru menyimpan lebih sedikit memori di otaknya. Bahkan, multitasking dianggap bisa menurunkan tingkat kecerdasan seseorang. Bayangkan, jika hal tersebut terjadi, justru Anda akan semakin lambat dalam bekerja.

Jauh lebih baik Anda fokus pada satu pekerjaan, menyelesaikannya, kemudian berpindah ke pekerjaan lain sebab hasilnya pun akan lebih optimal.

Berbagi Pekerjaan

Sering kali, seseorang lebih senang menyelesaikan seluruh pekerjaannya sendiri. Padahal, fungsi dari bekerja dalam satu tim adalah pekerjaan bisa dilakukan secara bersama-sama. Jika merasa pekerjaan Anda terlalu berat, tidak ada salahnya membagi pekerjaan Anda kepada teman yang memiliki waktu luang.

Beristirahat di Sela Pekerjaan

Mungkin hal ini terdengar aneh. Namun, banyak pihak yang sudah meneliti bahwa beristirahat di sela pekerjaan justru bisa meningkatkan produktivitas. Draugiem Group, sebuah perusahaan social networking, telah membuktikannya. Menurut mereka, 10 persen karyawan dengan produktivitas tinggi justru mengambil istirahat selama 17 menit untuk setiap 52 menit bekerja.

Comments (0)
Berikan Komentar Anda