Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Menarik
Back

Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Menarik

Di tengah persaingan yang kompetitif, praktisi HR mesti bersaing dalam mendapatkan kandidat terbaik. Salah satu cara memenangkan persaingan adalah membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik.

Saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan job portal dalam beriklan. Meskipun ada biaya yang relatif tidak sedikit, namun cara tersebut dinilai cukup efektif untuk meraih banyak kandidat. Tetapi, persoalannya adalah banyak perusahaan yang tidak memanfaatkan secara optimal iklan lowongan pekerjaan mereka.

Lowongan pekerjaan adalah laman yang merepresentasikan perusahaan kepada kandidat. Lalu, bagaimana cara membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik? Simak tips berikut ini.

Judul yang Jelas

Judul lowongan pekerjaan mesti dibuat sangat jelas, sebab inilah yang mempengaruhi keputusan awal pencari kerja. Selain itu, gunakan istilah umum pada pekerjaan yang dibuka dan jangan menggunakan akronim (singkatan). Anda juga bisa menampilkan level pekerja yang Anda cari, misalkan “senior” atau “junior”. Hal tersebut akan membuat Anda mendapatkan pelamar yang tepat sasaran.

Menjelaskan Mengenai Pekerjaan Secara Rinci

Setelah melihat judul lowongan, biasanya pencari kerja akan melihat detail pekerjaan. Maka, Anda mesti memasukkan perkenalan singkat mengenai deskripsi pekerjaan serta apa yang mesti dilakukan orang pada posisi ini. Namun, buatlah seringkas mungkin dan usahakan maksimal 40 kata.

Selain itu, Anda juga bisa menyelipkan informasi mengenai durasi kontrak yang ditawarkan dan alasan terbaik mengapa kandidat mesti bergabung di perusahaan Anda.

Baca juga: Cara Memberi Penilaian Terhadap Karyawan Tanpa Menjatuhkan Semangatnya

Informasi Mengenai Perusahaan yang Menarik

Informasi mengenai perusahaan tidak boleh disepelekan dalam meningkatkan daya tarik lowongan pekerjaan. Anda mesti memasukkan informasi relevan mengenai perusahaan seperti, misalnya, visi dan misi perusahaan, kesempatan dan fasilitas yang ditawarkan perusahaan, serta posisi perusahaan dalam industri yang jadi fokus bisnisnya.

Jelaskan Mengenai Tanggung Jawab Pekerjaan

Penjelasan mengenai tanggung jawab pekerjaan sangat penting. Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya Anda memasukkan tiga hingga tujuh tanggung jawab utama saja. Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan mengenai target perusahaan yang sejalan dengan tanggung jawab pekerjaan yang Anda iklankan.

Jual Lokasi Perusahaan Anda

Lokasi kantor adalah salah satu daya tarik pencari kerja melamar di perusahaan. Maka, apabila lokasi kantor Anda cukup strategis, sebaiknya Anda menjadikan hal itu sebagai nilai jual. Anda juga bisa menjelaskan informasi mengenai akses transportasi ke sana. Misalnya, stasiun kereta terdekat, halte bus, dan lain-lain.

Tak dipungkiri, semakin banyak kandidat yang melamar akan meningkatkan pula potensi perusahaan mendapat kandidat terbaik. Maka, untuk mendapatkan banyak kandidat, Anda bisa memulai membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik.

Comments (0)
Berikan Komentar Anda